Mengurangi resiko rokok

Merokok merupakan penyebab yang paling penting dicegah untuk mencegah kematian dini di seluruh dunia. Perokok memiliki risiko lebih tinggi terkena gangguan kronis, termasuk aterosklerosis - penumpukan zat lemak dalam arteri - yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, serangan jantung (myocardial infarction) dan stroke. Mengendalikan atau membalikkan aterosklerosis merupakan bagian penting untuk mencegah serangan jantung atau stroke di masa depan.
Anda dapat mengendalikan atau menghindari enam faktor risiko utama untuk penyakit jantung koroner yaitu :

1. Merokok
2. Kolesterol
3. Tekanan darah tinggi
4. Fisik yang tidak aktif
5. Kegemukan atau obesitas
6. Diabetes

Merokok dengan sendirinya meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.
Selain itu faktor-faktor tersebut diatas akan anda alami, jika anda menjadi perokok. Apabila anda seorang perokok kemudian anda mengurangi kegiatan fisik maka darah anda memiliki kecenderungan terhadap peningkatan pembekuan darah. Berarti Ini juga mengurangi HDL (baik) kolesterol. risiko Anda sangat bertambah jika Anda merokok dan memiliki riwayat keluarga penyakit jantung. Merokok juga menimbulkan risiko lebih tinggi untuk penyakit arteri perifer dan aneurisma aorta. Hal ini meningkatkan risiko penyakit jantung koroner berulang setelah operasi bypass.

Merokok juga merupakan faktor risiko penting untuk stroke. Menghirup asap rokok menghasilkan beberapa efek yang merusak sistem serebrovaskular. Wanita yang menggunakan kontrasepsi oral dan perokok meningkatkan risiko stroke .

Udara bersih

Ini juga penting untuk menghindari asap dari orang lain. Perokok pasif memiliki hubungan yang erat dengan cacat kardiovaskular dan kematian dini lebih jelas. Setiap tahun sekitar 38.000 orang meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah yang disebabkan oleh asap dari orang lain. Orang yang bukan perokok yang menghisap asap rokok di rumah atau di tempat kerja meningkatkan risiko penyakit jantung, peningkatan ini berkisar antara 25-30 persen.

Mari kita mulai hari ini untuk melakukan penyembuhan

Jika Anda sudah memiliki penyakit jantung, Anda mungkin berpikir, "Apa gunanya saya berhenti merokok sementara paru-paru saya juga sudah rusak akibat dari rokok ?" Anda jangan berkecil hati. paru-paru Anda dapat mulai menyembuhkan diri segera setelah Anda berhenti merokok. Penyakit jantung dapat dicegah dan dikendalikan, tapi Anda harus mengikuti rencana pengobatan Anda - dan berhenti merokok adalah bagian paling besar dalam hal pencegahan.

Kesehatan adalah yang paling utama, tanpa kesehatan dunia terasa tidak ada artinya, harta habis hanya untuk berobat. Mari kita mulai menjaga kesehatan dengan meninggalkan rokok.